Jenis dan Ukuran Kertas yang Umum Digunakan dalam Produksi Cetak

Jenis dan Ukuran Kertas yang Umum Digunakan dalam Produksi Cetak. Bagi para pemasar jasa percetakan, mengetahui Jenis dan ukuran cetak secara umum adalah penting untuk diketahui sebagai bekal dalam memenuhi kebutuhan calon klien.

Jenis Bahan Kertas, Secara Umum Kertas bisa dibedakan pada permukaan kertas. Pertama kertas yang di Coated seperti, Art paper, Art Carton , & Ivory Kertas ini tampak mengkilat pada permukaannya, karena ada lapisan sehingga tinta yang melekat kepermukaannya tidak terlalu terserap ke dalam pori pori kertas dan efeknya warna akan lebih cerah (Bright). Kedua Jenis kertas Uncoated seperti HVS, Carton BW, dan bahan kertas Fancy, biasanya permukaan porinya besar dan saat tinta cetak menempel ke permukaan maka tinta tersebut akan mudah terserap lalu efeknya pada gambar yang full color kesan yang ditampilkan kecerahannya berkurang.

Ukuran Kertas, Secara umum, masyarakat mengenal beberapa ukuran kertas seperti :

A5 : 14,8 cm x 21 cm.
B5 : 18.2 cm x 25.7 cm.
A4 : 21 cm x 29.7 cm.
Q4 (kwarto) : 21.6 cm x 27.9 cm.
F4 (folio) : 21 cm x 33 cm.
A3 : 29.7 cm x 42 cm.

Ukuran-ukuran di atas pada umumnya untuk menggabarkan ukuran Produk Jadi kepada calon klien atau sebaliknya calon klien menggambarkan ukuran yang diinginkan ke pihak pemasar jasa Percetakan.

Demikian Sekilas pembahasan mengenai Jenis dan Ukuran bahan Kertas yang umum digunakan ditengah masyarakat. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0812 80699432

Selamat beraktifias…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *