Pentingnya Mengidentifikasi Barang Cetakan

Sebagai tenaga pemasaran Jasa cetak, penting sekali melakukan identifikasi barang cetakan sebelum melakukan produksi. Mengapa mengidentifikasi barang cetakan itu penting, karena informasi yang dikumpulkan itu akan berkaitan dengan menentukan penawaran harga cetakan dan waktu pengerjaannya atau waktu produksinya.

  1. Nama Pekerjaan/ Order;
    Tenaga pemasaran perlu mengetahui produk apa yang akan dibuat oleh calon Klien. Sebagai contoh : Cetak Kartu Nama, Undangan, Kop Surat, Banner, Brosur, dll
  1. Ukuran Barang Cetakan;
    Ukuran barang cetakan bisa dikategorikan menjadi dua bagian pertama Ukuran cetak terbuka saja misalkan cetak kartu nama, dikarenakan kartu nama itu tidak dilipat maka yang diukur itu ukuran terbukanya saja. Pada umumnya kartu nama itu berukuran 5,5 x 9 cm. Kedua Ukuran cetak kombinasi antara tertutup/terlipat dan terbuka, misalkan Cetak Brosur, pada kondisi telipat ukurannya 9,5 x 21 cm lalu pada saat lembaran Brosur di buka ukurannya menjadi 19 x 21 cm. Keterangan keduanya itu wajib dicatat oleh tenaga pemasaran.
  1. Bahan yang di gunakan, biasanya yang dicatat adalah jenis bahannya pertama ada bahan kertas HVS, Bahan kertas Art paper. Gramatur juga menjadi perhatian dari tenaga pemasaran misalkan kopsurat menggunakan bahan HVS dengan gramaturnya 80 gr. Bila pemasar bila belum terbisa memperkirakannya dapat langsung ditanyakan saja ke calon kliennya.
  1. Disain Produk; hal yang perlu diketahui adalah apakah calon klien sudah punya disain/settingannya, pun kalau sudah punya apakah klien memiliki file disainnya. Sebab pada umumnya calon klien tidak pernah menyimpan file cetaknya jadi harus di disain atau disetting ulang, atau calon klien memang minta dibuatkan disain atau setting yang baru. Catatan berikutnya adalah apakah warna yang akan di cetak itu warna Sparasi atau duo tone (warna masukan) saja.
  1. Teknik Finishing, catatan yang perlu diperhatikan apakan produk barang cetakan ini mesih memerlukan penyelesaian tambahan dalam memproduksi barang cetakannya misalkan di Pond, di lem, pemberian lubang (mata kucing) pada produk banner.
  1. Jumlah pekerjaan/oplah/kuantitas, pada tahapan ini bila pemesanannya itu cukup banyak makan estimasi waktu pengerjaanya pun menjadi pertimbangan. mungkin ada kebijakan pengiriman secara bertahap atau harus seluruhnya.

Demikian adalah beberapa spesifikasi teknis barang cetakan yang sangat perlu diketahui oleh Tenaga pemasaran agar bisa memprediksi berapa lama waktu pengerjaan dan berapa besaran penawaran yang ideal untuk calon Klien kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *